Kawah Ijen, eksotikas keindahan Banyuwangi

kawah ijen

Gunung ijen atau lebih dikenal dengan kawah ijen merupakan salah satu gunung api aktif yang terletak tepat diperbatasan Banyuwangi-Bondowoso. Gunung ini menjulang dengan ketinggian 2.443 mdpl dan pada puncak nya terdapat sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan kedalaman danau 200m dan luas kawan mencapai 5.466 hektar.

Kawah ijen terletak didalam wilayah cagar alam taman wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Dengan ketingian yang dimiliki gunung ini, melalui puncak gunung kita dapat menyaksikan pemandangan gunung lain yang berada di kompleks pegunungan Ijen, antara lain puncak Gunung Merapi yang berada di sebelah timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket dan gunung lainnya.

Fenomena alam Blue Fire Kawah ijen

Fenomena alam Blue Fire atau Api Biru merupakan salah satu fenomena alam yang langka dan didunia hanya terjadi di dua tempat yaitu Islandia dan Ijen. Untuk fenomena Blue Fire yang terdapat di Kawah Ijen, dapat disaksikan pada dini hari sekitar pukul 02.00 hingga pukul 04.00.

Jalur menuju Kawah Ijen

Untuk menuju Kawah Ijen melalui kota Banyuwangi, dari arah terminal Brawijaya melaju kearah barat menuju lampu merah Cungking. Dari lampu merah Cungking ambil arah ke barat mengikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan melalui kecamatan Glagah – Licin sampai ke Paltuding. Dari Paltuding, kita menuju puncak Ijen dengan berjalan kaki melalui jalur setapak.

Alternatif lain untuk menuju puncak Ijen adalah melalui jalur bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Pltuding.

Tips Berwisata ke Kawah Ijen

Gunung Ijen merupakan dataran tinggi dan juga Gunung Api yang masih aktif. Hal tersebut ditandai dengan adanya Belerang pada Kawah Ijen. Dengan kondisi gunung yang masih aktif, asap belerang masih terus muncul dan amat mengganggu pernafasan dan penglihatan. Oleh karena itu, jika melakukan Pendaikan ke puncak Ijen, selalu sediakan masker.

Persiapkan fisik karena perjalanan melalui jalan setapak dari Paltuding menuju puncak mencapai jarak 3 Km dengan kemiringan yang benar-benar dapat menguras tenaga. Jangan lupa membawa perbekalan seperlunya, jangan terlalu banyak membawa perbekalan yang sekiranya kurang diperlukan.

Jika ingin menyaksikan fenomena blue fire, sangat disarankan para pendaki untuk bermalam karena memang fenomena ini hanya dapat disaksikan pada tengah malam. Dipaltuding telah disediakan beberapa tempat untuk bermalam yang bisa digunakan. Tapi bagi yang memang akan bermalam, jangan lupa untuk membawa perbekalan untuk menahan udara dingin seperti jaket, kaos kaki, sarung tangan dan juga penutup kepala.

Dan ingat, kawasan Kawah Ijen adalah kawasan cagar alam. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita juga ikut menjaga dan melestarikan segala jenis flora dan fauna yang terdapat disana.

Dan bagi anda yang ingi menikmati keindahan gunung Ijen ini, segera hubungi Srikandi Rental Mobil Banyuwangi dan kami akan siap mengantar anda menjelajah keindahan wisata alam Banyuwangi