Pantai Banyuwangi wedi ireng, pesona pantai pasir hitam

Pantai banyuwangi Wedi Ireng

Sebagai kabupaten paling timur di pulau Jawa, Banyuwangi merupakan kabupaten dengan wilayah pantai yang bisa di bilang tidak sedikit. Berbagai destinasi wisata pantai Banyuwangi yang menawan dan indah kian hari makin banyak bermunculan. Salah satunya adalah pantai Wedi Ireng.

Apa yang unik di pantai Banyuwangi ini? Dilihat dari namanya, Wedi Ireng terdiri dari 2 suku kata yaitu Wedi dan Ireng dimana dalam bahasa jawa arti kata Wedi adalah pasir dan Ireng berarti Hitam. Jadi, pantai Wedi Ireng jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Pantai Pasir Hitam. Kenapa dinamakan Wedi Ireng? Apakah memang warna pasir di pantai tersebut berwarna hitam?

Pemberian nama Wedi Ireng memang diambil dari kondisi pasir yang terdapat di pantai tersebut. Jika dilihat sekilas, memang warna pasir di pantai tersebut tidak berbeda dari warna pasir pantai yang lainnya dimana pasirnya berwarna putih. Namun jika di perhatikan dengan seksama, ketika pasir tersapu oleh ombak pantai, maka akan terlihat butiran-butiran pasir berwarna hitam. Karena hal inilah mengapa pantai ini kemudian di diberi nama Pantai Wedi Ireng.

Lokasi pantai Banyuwangi wedi Ireng

Pantai wedi Ireng terletak di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran. Lokasinya yang masih tersembunyi dibalik sebuah bukit, membuat salah satu destinasi wisata Banyuwangi ini masih belum banyak dirambah wisatawan.

Perlu diketahui juga, lokasi pantai ini diapit oleh dua destinasi wisata pantaiĀ  Banyuwangi yaitu pantai pulau merah dan pantai teluk hijau. Dan dari pantai pulah merah, jarak pantai ini hanya berjarak sekitar 5km dan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar 30menit dari pulau merah.

Hal menarik lainnya dari pantai ini juga keadaan alam sekitar pantai yang masih benar-benar alami. Oleh sebab itu, para pengunjung diwajibkan menjaga keasrian tempat. Selain itu, jika pada umumnya pantai laut selatan pulau jawa memiliki ombak yang tergolong tinggi, namun tidak demikian dengan ombak yang ada di pantai Banyuwangi wedi ireng, Ombak wedi ireng tergolong landai.

Bagi para pengunjung yang baru berkunjung ke tempat ini, maka akan disambut dengan pemandangan yang benar-benar mempesona. Pasir pantai yang bersih, angin yang sepoi-sepoi dan warna aoir laut yang kebiru-biruan ditambah suara deburan ombak yang menghantam karang, tentunya akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama berada ditempat ini.

Akses menuju pantai Banyuwangi wedi ireng

Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh agar mencapai pantai Banyuwangi wedi ireng ini. Jika memang anda adalah orang yang suka akan tantangan dan suka berolahraga, anda dapat melalui jalur bukit yang ada disebalah barat tempat pelelangan ikan pancer. Perlu diperhatikan, jika anda memilih jalur ini, pastikan kondisi stamina anda memungkinkan. Hal ini dikarenakan medan yang akan dilalui sangatlah extrem dimana para pengunjung akan melewati bukit dengan kemiringan sekitar 80derajat.

Tapi bagi anda yang tidak memiliki stamina yang memungkinkan, para pengunjung bisa menempuh jalur kendaraan roda 2. Jalur ini tidak jauh berbeda dengan jalur setapak. Namun kemiringan jalur menuju pantai tidaklah se-extrem seperti jalur setapak. Jika anda menggunakan jenis motor trail, tentunya tidak akan mengalami kendala dan memang jalur ini sangat cocok bagi mereka yang suka olah raga motor trail.

Selain dua jalur tersebut, terdapat juga satu jalur melalui laut untuk menuju pantai Banyuwangi wedi ireng. Tapi tentunya anda butuh merogoh kocek untuk dapat melalui jalur ini. Anda bisa menggunakan jasa angkutan perahu yang disediakan oleh para nelayan setempat untuk dapat menuju pantai Banyuwangi Wedi Ireng dengan cara memutari bukit melalui jalur laut.

Jadi bagaimana? Penasaran dengan keindahan Pantai Banyuwangi Wedi Ireng? Segera berkunjung ke Banyuwangi dan nikmati pesona keindahan alamnya.