Sego tempong kuliner pedas khas Banyuwangi

Sego tempong kuliner pedas Banyuwangi

Bagi anda pecinta makanan pedas yang sedang berkunjung ke Banyuwangi, belum pas rasanya jika belum merasakan sego tempong Banyuwangi. Sego tempong ini merupakan kuliner khas Banyuwangi, oleh sebab itu jika ingin mendapatkannya tidaklah terlalu sulit karena hampir seluruh wilayah di Banyuwangi menyediakan menu ini.

Mengapa dinamakan sego tempong? Sego tempong jika diartikan adalah sego (nasi) sedangkan tempong (tampar atau tempeleng). Hal ini karena ketika makan menu ini, mulut akan terasa seperti ditempeleng / ditampar karena rasa pedas dari sambal tempong itu sendiri.

Konon dahulu, sego tempong ini adalah makanan yang biasa disantap oleh petani disawah. Makanan ini terdiri sepiring nasi panas, sayuran rebus serta lauk sederhana yang terdiri dari gorengan tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung plus sambal mentah yang super pedas.

Untuk jenis sayuran yang digunakan antara lain adalah Genjer, Kubis, Kacang panjang, Terong, Bayam, Kangkung, Sawi, daun Singkong, Selada, daun pepaya serta ditambah irisan timun dan daun kemangi segar.

Sesuai namanya, keunikan nasi tempong terdapat pada sambalnya yang super pedas dan diracik secara khusus menggunakan bahan yang serba menta, antara lain : Tomat ranti (Solanum lycopersicum), cabai rawit, gula pasir, garam, terasi ditambah perasan air jeruk lumai (orang sekitar menamainya jeruk sambal).  Tomat ranti sendiri adalah tomat yang berukuran kecil dan permukaannya bergelombang.

Oleh pemkab Banyuwangi sendiri, tiap tahunnya mengadakan festival sego tempong untuk lebih mengenalkan dan melestarikan kuliner khas Banyuwangi.

Dimana bisa mendapatkan Sego tempong Banyuwangi?

Bagi anda yang berkunjung ke kota Banyuwangi, karena memang menu ini adalah kuliner khas Banyuwangi, maka tidaklah sulit untuk mendapatkanya. Hapir seluruh wilayah di Banyuwangi menyediakan menu ini. Dan berikut beberapa tempat yang menyediakan menu sego tempong :

  1. Warung nasi tempong Mbok Nah – Lokasinya terletak di jalan Kolonel Sugino Kertosari. Untuk pengunjung sendiri, banyak juga yang dari luar kota singgah ke warung ini. Bahkan timnas U19 pun pernah menikmati sego tempong di warung mbok Nah ini.
  2. Warung nasi tempong Sukowidi milik mbak Sumiyati atau akrab di panggil mbak Sum yang lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi.
  3. Warung nasi tempong mbak Sum yang berlokasi di Jln. Ahmad Yani (Selatan Bank BRI Banyuwangi). Konon katanya, ide kuliner sego tempong berawal dari sini.
  4. Warung nasi tempong mbok Wah yang berlokasi di daerah Bakungan – Glagah.

Itulah beberapa warung nasi tempong yang berada di Banyuwangi. Untuk masalah harga, pastinya sangat terjangkau.

Dan bagi anda pengguna jasa Srikandi Rental Mobil Banyuwangi, dan sekaligus penyuka kuliner pedas, kami siap merokomendasikan dan mengantarkan anda ke tempat penjual kuliner tersebut. Kamipun siap membawa anda berkunjung ke tempat-tempat wisata kuliner khas banyuwangi lainnya.