Telunjuk Raung Mangaran waterfall si sungai biru

Telunjuk Raung

Potensi wisata alam di kabupaten Banyuwangi terus berkembang. Salah satunya adalah wisata alam air terjun yang bernama Telunjuk Raung Mangaran yang berada di kaki gunung Raung atau tepatnya berada di Dusun Mangaran Desa Sumberarum Kecamatan Songgon.

Untuk mencapai air terjun dengan ketinggian 20m ini, dapat menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4, namun jalurnya dibedakan. Untuk kendaraan roda 2, dapat ditempuh dengan melalui rute yang berada di tengah kebun cengkeh. Sedangkan untuk jalur roda 4 melalui ladang tebu.

Dari pusat kota Banyuwangi, untuk menuju lokasi air terjun telunjuk raung ini kita harus melaju ke arah selatan dengan tujuan Rogojampi. Dari Rogojampi (pertigaan kantor Pos) belok ke arah barat menuju Songgon dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Setelah melewati pasar Songgon dan sampai pada pertigaan Sragi – Rowobayu, ambil arah ke selatan menuju Sragi hingga bertemu pertigaan Lapangan desa Sragi. Dari situ, belok ke kanan menuju arah barat menuju desa Bayu lor dan terus kebarang hingga sampai ke Dusun Mangaran. Dari Dusun Mangaran, kita sudah bisa menemukan petunjuk arah menuju air terjun Telunjuk Raung Mangaran.

Si Sungai Biru Telunjuk Raung

Selain kondisi alam yang masih alami, ada 1 keunikan dari air terjun Telunjuk Raung dimana warna air di beberapa tempat tampak biru. Hal tersebut dikarena kejernihan dari aliran air yang menurut informasi warga setempat bersumber dari mata air. Tidak hanya itu, air dari air terjun Telunjuk Raung ini di klaim dapat langsung diminum, bahkan beberapa pengunjung mempercayai air dari air terjun Telunjuk Raung tersebut dapat membantu proses penyembuhan. Oleh sebab itu, ada beberapa pengunjung yang membawa pulang airnya.

Dikarenakan arus dari air terjun ini sangat deras, sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi tube rafting disana. Dilokasi sudah disediakan penyewaan ban untuk keperluan tube rafting. Namun jangan kecewa bila disana tidak disediakan perlengkapan rafting standart dan jarak tempuhnya hanya sekitar 100m.

Namun demikian, para pengelola di sana tidak serta merta mengabaikan keselamatan para pengunjung yang ingin mencoba tube rafting. Layaknya para bay watch, mereka selalu siap membantu para tubber yang kurang bisa berenang jika memang terjadi insident  ban terbalik.

Untuk jeram yang berada di kolam, kedalaman jeram kurang lebih 2m dan disitu pun juga sudah berjaga para pengelola yang siap membantu para pengunjung. Nah, tunggu apa lagi, segera berkunjung ke Banyuwangi nikmati sensai alam air terjun Telunjuk Raung. Jika anda adalah wisatawan luar kota Banyuwangi, dapat menghubungi Arien tour and Travel yang melayani jasa Rental mobil Banyuwangi. Kami akan siap mengantarkan anda berkeliling banyuwangi.